Man City Juara Premiere League 2017/2018

0
29

Spotgol – telah memastikan diri jadi juara Premier League dengan lima laga tersisa. Angka-angka berikut ini kian menunjukkan bahwa The Citizens memang layak juara.

City memastikan diri juara saat sebagian besar para pemainnya tengah berlibur dan mudik. Manajer City Pep Guardiola memang meliburkan para pemain selama tiga hari, usai tim menaklukkan Tottenham Hotspur 3-1 di pada akhir pekan kemarin.

BACA JUGA: Dapat 1,28 Milyar Tanpa Modal !!!

CEO Manchester City, Ferran Soriano, menyebut gelar juara Premier League sebagai sebuah kehormatan untuk klubnya. Soriano pun mengajak fans MC di seluruh dunia untuk merayakan gelar ini.

Kekalahan Manchester United dari West Bromwich Albion dengan skor 0-1, Minggu (15/4/2018), mengantarkan City menjadi kampiun musim ini. The Citizens tak akan terkejar meski masih ada lima pertandingan tersisa karena mereka sekarang unggul 16 poin atas MU.

Selain selisih poin yang menunjukkan dominannya City di Premier League musim ini, ada sejumlah angka-angka statistik lain yang menguatkan kiprah mereka. City adalah tim terproduktif sejauh ini, paling minim kebobolan, punya persentase penguasaan bola tertinggi, juga paling mengancam.

Angka-angka ini memang masih bisa berubah di sisa musim. Namun setidaknya sampai di hari City mengunci gelar, mereka telah menunjukkan keperkasaan.

Berikut adalah angka-angka kunci City :

Di musim kedua menangani Manchester City, Pep Guardiola langsung mempersembahkan dua trofi. Dalam karier melatih Guardiola, itu merupakan trofi utamanya yang ke-23.

The Citizens sudah dipastikan menjadi kampiun Premier League 2017/2018. Itu sekaligus membuat Guardiola mempersembahkan trofi keduanya buat City

Peracik taktik asal Spanyol berusia 47 tahun itu sebelumnya sudah menandai musim ini dengan trofi Piala Liga Inggris, yang menjadi piala pertamanya sejak menangani City pada awal musim 2016/2017.

Dalam karier melatihnya sebelum ini, Guardiola juga sudah menikmati kesuksesan di Bayern Munich dan Barcelona. Secara berurutan ia punya tujuh piala semasa melatih di Jerman dan 14 trofi dalam awal karier melatihnya di Spanyol.

Keberhasilan City menjuarai Premier League musim ini turut membuat Guardiola selalu mampu meraih titel liga bersama tim-tim yang ia tangani. Guardiola pun jadi manajer asal Spanyol pertama yang menjuarai Premier League.

Karena City masih punya sisa lima pertandingan, City berpeluang untuk memecahkan berbagai rekor lain di Premier League, termasuk jumlah gol dan jumlah total poin.

Rekor tim tersubur dalam satu musim Premier League sendiri saat ini masih dipegang oleh Chelsea yang mencetak 103 gol pada musim 2009/2010. Artinya City butuh 11 gol lagi untuk bisa membuat rekor baru.

Shearer: Guardiola Jawab Semua Keraguan

Eks pemain Inggris, Alan Shearer, menilai bahwa Guardiola sedang membuktikan diri dengan menjuarai Liga Inggris.

“Mungkin ada enam tim yang berpikir bahwa mereka bisa memenangi Premier League musim ini. Tapi, Manchester City menyingkirkan mereka semua. Mereka jauh lebih baik dari semua tim itu,” kata Shearer di The Sun.

“Saat Pep Guardiola mengambil alih tim dua musim lalu, orang-orang bilang bahwa saat dia memenangi La Liga dan Bundesliga, dia akan menghadapi tantangan yang lebih berat untuk memenangi Premier League. Well, dia membuktikan bahwa mereka semua salah.”

“Dia sekarang sudah memenangi liga negara ini dan dia memenanginya dengan selisih poin yang mencolok. Pep bisa mengidentifikasi apa yang dia lewatkan musim lalu dan mencari solusinya serta memperbaiki posisi itu,” dia menambahkan.

Selama ini hanya ada tiga manajer yang memenangi satu gelar di setidaknya tiga dari lima liga top Eropa. Mereka adalah Carlo Ancelotti yang memenangi liga di Italia (AC Milan), Inggris (Chelsea), Prancis (Paris St. Germain), dan Jerman (Bayern Munich); dan Jose Mourinho yang menjuarai Liga Inggris (Chelsea), Italia (Inter Milan) dan Spanyol (Real Madrid).

Sementara itu, Guardiola pernah berjaya di dua liga lainnya; Spanyol dan Jerman. Di La Liga, Guardiola pernah mengantar Barcelona juara (3) dan Bayern di Bundesliga (3). Dia juga menjadi manajer asal Spanyol pertama, yang bisa memenangi titel juara di Liga Inggris level tertinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here