Kekalahan Timnya Membuat Conte Mendesak Premier League Segera Gunakan VAR

0
225

Spotgol.com – Manajer Chelsea Antonio Conte rupanya jadi salah satu pihak yang tidak sabar menanti kehadiran sistem Video Assistant Referee (VAR) di Premier League. Pasalnya juru taktik asal Italia tersebut baru merasakan kerugian yang sebenarnya mungkin bisa diselesaikan dengan inovasi VAR.

Chelsea mengalami kekalahan dalam laga tandang mereka ke Old Trafford, markas Manchester United, pada Minggu (25/2) lalu dengan skor 2-1. Padahal The Blues mampu unggul terlebih dahulu lewat Willian Borges di setengah jam pertama namun Romelu Lukaku jadi pahlawan comeback The Red Devils dengan satu gol plus satu assistnya.

Sebenarnya Chelsea punya kesempatan menyamakan skor menjaid 2-2 saat laga sudah memasuki masa penghabisan usai Alvaro Morata membobol gawang David De Gea dari jarak dekat, namun hakim garis memutuskan sang bomber Spanyol sudah lebih dahulu terjebak offiside meski pada rekaman ulang nyatanya status gol adalah sah. Hal inilah yang menyebabkan Conte begitu ingin VAR segera resmi digunakan oleh Premier League.

Kini Chelsea yang berstatus juara bertahan liga Inggris berada dalam situasi sulit. Posisi mereka di empat besar klasemen sementara telah direbut oleh Tottenham Hotspur. Armada Stamford Bridge saat ini menempati posisi kelima dengan koleksi 53 poin yang tertinggal dua angka dari Tottenham.

“Situasi seperti ini bisa menentukan hasil akhir. Untuk alasan ini aku mendukung adanya VAR terutama di Inggris,” papar Conte usai laga pada Sky Sports.

“Selama pertandingan ada banyak situasi dimana pengecekan super ketat harus dilakukan. Kita butuh sistem baru tersebut untuk membantu wasit menjalankan tugasnya dan mengindari blunder fatal,” tambah eks pelatih Juventus dan tim nasional Italia tersebut.

Keputusan kurang tepat yang diambil hakim garis beserta wasit Martin Atkinson yang memimpin laga di Theatre of Dreams lalu memang sangat merugikan Chelsea. Wajar apabila Conte merasa jika VAR yang saat ini masih dalam taraf percobaan dan pengembangan butuh segera untuk diterapkan.

Sejauh ini VAR baru digunakan untuk laga-laga di kompetisi piala seperti Piala FA dan Carabao Cup. Publik sendiri masih banyak yang ragu mengingat peneuan yang dianggap bisa jadi terobosan ini terkesan menghilangkan unsur drama di sepak bola juga kerap menghadirkan kebingunangan massal untuk pemain di lapangan juga para penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here