Jermaine Defoe Sedih Sunderland Terlunta-Lunta Di Championship

0
212
Spotgol.com

Spotgol.com – Nasib prihatin yang tengah dijalani Sunderland di divisi Championship rupanya mengundang simpati dari salah satu mantan pemain terbesarnya, Jermaine Defoe. Pasalnya The Black Cats kini terancam kembali terdegradasi usai pada musim 2016/2017 lalu masih mengecap serunya persaingan di Premier League.

Sunderland memang tampil buruk di sepanjang musim 2017/2018 ini. Berbekal skuat yang sebelumnya juga bermain di Premier League seperti John O’Shea, Paddy McNair, Duncan Watmore, dan Lamine Kone, kesebelasan yang bermarkas di Stadium of Light ini justru terbenam di dasar klasemen yang berisi 24 tim. Dari 34 pekan berjalan Sunderland hanya bisa meraup 27 poin hasil dari lima kemenangan dan 12 kali imbang. Jika situasi ini terus bertahan maka Sunderland kemungkinan besar harus berlaga di League One mulai 2018/2019 nanti.

Penampilan mereka kalah jauh dari Middlesbrough yang sama-sama turun kasta musim lalu. The Boro masih punya kesempatan bersaing untuk mendapatkan tiket promosi. Berada di posisi tujuh klasemen, Middlesbrough berpeluang paling tidak masuk enam besar untuk menjalani partai playoff penentu slot ketiga tim promosi.

“Aku harap mereka bisa mengumpulkan beberapa kemenangan dan membangun percaya diri dengan itu. Aku ingin Sunderland keluar dari situasi sulit. Musim depan semoga saja mereka bisa memulai dengan semangat baru,” papar Defoe yang jadi bagian dari skuat Kucing Hitam yang terelegasi musim lalu dan kini memperkuat AFC Bournemouth.

“Sedih rasanya melihat bekas timku dalam situasi seperti itu. Sunderland adalah tim kelas Premier League. Fans dan stadionnya membuktkan jika mereka adalah klub elite nan besar,” tambah penyerang Inggris 36 tahun yang punya lebih dari 80 penampilan untuk Sunderland tersebut.

Krisis yang dialami klub yang akrab dikenal dengan jersey merah-putih mereka itu sebenarnya sudah dimulai sejak musim lalu kala David Moyes mereka tunjuk sebagai manajer. Moyes kala itu dibebankan target untuk bisa bertahan di kasta teratas. Sayangnya ketiadaan dana transfer yang memadai dari petinggi membuat hal tersebut menjadi angan belaka.

Padahal Sunderland yang berdomisili di Tyne and Wear itu sebelum terdegradasi sempat menikmati masa-masa keemasan di Premier League. Sejak 2005 mereka selalu mampu lolos dari zona merah dan bertahan sampai sekiranya satu dekade. Prestasi terbaik tim dengan enam gelar divisi satu tersebut adalah finish di peringkat kesepuluh pada 2010/2011 silam.

Kini mereka merencanakan pembenahan dengan merekrut juru taktik anyar, Chris Coleman, yang sebelumnya mengasuh tim nasional Wales. Dengan bekal 27 poin masih ada kesempatan lolos dari lubang jarum. Pasalnya, Barsnley dan Hull City yang berada di posisi aman hanya berjarak empat dan lima angka saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here