Fakta dan Analisis Gerard tentang Cara Liverpool Atasi City

0
167

Spotgol – Liverpool menang telak 3-0 ketika menjamu Manchester City dini hari tadi. Mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard, memberi analisisnya atas hasil itu.

Gol-gol dari Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Sadio Mane di Anfield, Kamis (5/4/2018) dini hari WIB, membuat The Reds menyudahi leg pertama perempatfinal Liga Champions dengan keunggulan tiga gol tanpa balas atas City.

Menurut Gerrard, Liverpool bukan cuma sudah berhasil memperlihatkan kemampuannya dalam menjebol gawang tim setangguh City melainkan juga berhasil memamerkan ketangguhan lini belakangnya dalam mempertahankan keunggulan.

“Saya pikir kita sudah melihat kedua aspek (bagus) dari Liverpool malam ini,” ujar Gerrard

“Apsek permainan menekan, dengan agresivitas besar, dan kemampuan menguasai bola dan serangan balik. Dan di babak kedua mereka menjaga kotak pertahanan, mereka luar biasa secara defensif.”

“Dan pada dasarnya mereka sudah memaksa City untuk kehabisan ide,” tuturnya menganalisis.

BACA JUGA: Dapat 1,2 Milyar Tanpa Modal !!!

Berikut Beberapa Fakta Kemenangan Liverpool atas Man City:

+ Start Lambat Man City harus Dibayar Mahal

Man City yang biasa langsung menggebrak sejak awal pertandingan, melakukan anomali pada laga dini hari tadi. Pada 30 menit awal pertandingan, dominasi laga dikuasai Liverpool. Alhasil, The Reds racikan Jurgen Klopp sanggup unggul 3-0 di awal laga lewat gol-gol yang dicetak Mohamed Salah pada menit 12, Alex Oxlade-Chamberlain (20’) dan Sadio Mane (31’).

Gol Salah menunjukkan buruknya koordinasi di pertahanan Man City. Saat itu, Kyle Walker yang memiliki kesempatan untuk membuang bola, justru mencoba menahan terlebih dulu si kulit bulat. Alhasil, bola disambar Firmino untuk memudahkan Salah mencetak gol pembuka Liverpool.

+ Ketajaman Salah di Liga Champions Berlanjut

Salah tak hanya tajam di Liga Inggris dengan status sebagai top skor sementara lewat koleksi 29 gol. Winger berpaspor Mesir itu juga trengginas di Liga Champions 2017-2018. Dari sembilan penampilan, winger berusia 25 tahun itu mencetak tujuh gol.

Gol terbarunya tercipta dini hari tadi saat mencetak gol pembuka Merseyside Merah. Tak hanya mencetak gol, Salah juga memberikan assist atas gol ketiga Liverpool yang dikemas Sadio Mane. Akan tetapi, Salah diragukan tampil pada leg II perempatfinal Liga Champions karena pada laga dini hari tadi mengalami cedera paha.

+ Meredupnya Bintang- Bintang Man City

Man City memiliki beberapa pemain bintang, terutama di lini sentral. Di sana bercokol pemain-pemain berkelas dunia, sebut saja David Silva dan Kevin De Bruyne. Silva dan De Bruyne yang biasanya piawai mencetak peluang, dibuat mati kutu oleh pertahanan Liverpool yang dipimpin Virgil van Dijk.

Sepanjang pertandingan, Silva gagal melepaskan satu shot pun. Sementara itu, De Bruyne mencetak satu shot, namun tidak tepat sasaran. Bahkan Gabriel Jesus yang moncer saat membela Tim Nasional (Timnas) Brasil baru-baru ini dan mencetak satu gol ketika Man City mengalahkan Everton 3-1 akhir pekan lalu, tak bisa memberikan ancaman sama sekali ke pertahanan Liverpool.

+ Juergen Klopp Belajar Dari Pengalaman

Klopp dikenal sebagai penganut sepakbola menyerang. Akan tetapi pada laga dini hari tadi, pelatih berpaspor Jerman itu sedikit mengubah gaya permainan timnya, terutama di babak kedua. Setelah mendominasi pertandingan di babak pertama, Klopp menginstruksikan timnya untuk memainkan strategi counter attack pada babak kedua.

Hasilnya, Liverpool sanggup mempertahankan keunggulan 3-0 yang sudah mereka gapai pada babak pertama. Klopp tidak gegabah menginstruksikan timnya untuk tampil menyerang karena mengambil pelajaran dari laga sebelumnya kontra Man City.

Pada lanjutan pekan 23 Liga Inggris 2017-2018, Liverpool menang 4-3 atas Man City, namun mereka sebenarnya sempat unggul 4-1. Saat itu, Liverpool tetap tampil terbuka ketika unggul 4-1. Alhasil Man City sanggup memanfaatkan celah terbuka di pertahanan Liverpool. Hal itulah yang tidak diulangi Klopp pada laga dini hari tadi.

+ Salah Mengalami Cedera

Salah menjadi tumbal dari kemenangan Liverpool atas Man City. Mantan pemain Chelsea itu ditarik keluar pada menit 53 karena mengalami masalah pada pahanya. Hingga kini, belum diketahui kapan top skor sementara Liga Inggris 2017-2018 itu akan pulih.

Hilangnya Salah merupakan pukulan telak bagi Liverpool. Sebab saat ini Liverpool membutuhkan tenaga pemain andalan Timnas Mesir itu untuk bersaing finis di posisi empat besar Liga Inggris dan memenangi trofi Liga Champions 2017-2018.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here